Sekolahku, Taman Ilmuku PDF Cetak Email
Ditulis oleh Abu Saufani   
Selasa, 08 Januari 2013 11:50
AddThis Social Bookmark Button

Dr. Moordiningsih, M.Si, Psi.

Dosen Pascasarjana Psikologi UMS

(orang tua siswa Nashrulloh Mahmud Hasan, 7A)

 

Memasuki gerbang sekolah SMP Islam Al-Azhar  21 Solo Baru, suasana kehangatan dan kekeluargaan untuk pendidikan pun telah mulai terasa. Halaman yang sangat lapang di sekolah ini pun menyambut dengan penuh kelegaan dan terasakan hati yang terbuka untuk menerima murid-murid terpilih untuk dididik menjadi murid-murid yang akan menjadi lebih baik dalam aqidah, akhlak, kesantunan maupun kecerdasan intelektual, emosi dan sosial.

 

Masjid yang saat ini tengah direnovasi untuk menjadi jauh lebih baik, dan terletak di pintu utama sekolah ini sebagai penanda pula bahwa kedekatan hubungan kepada Allah ta’ala adalah hal yang penting dan diutamakan dalam proses pendidikan di lingkup sekolah yayasan Al-Azhar. Siswa akan senantiasa diingatkan untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban utama sebagai hamba-Nya, menjadi hal yang penting tatkala sekolah-sekolah yang lain berlomba semata-mata berprestasi untuk kecerdasan dan kesuksesan di dunia. Memilih posisi yang berbeda,  SMP Islam Al-Azhar 21 lebih menekankan pentingnya pula raih kesuksesan akhirat dan dunia.

 

Berjalan kemudian menapaki gedung megah , memiliki halaman tengah nan luas pula, dengan pot-pot tanaman yang hijau dan meneduhkan. Bangunan sekolah yang tinggi namun terasakan kehangatan,  keramahan, kekeluargaan jauh dari kesan keangkuhan, ketika guru-guru dan siswa-siswa saling bersapa hangat, saling hormat dan mengucap salam kedamaian. Di beberapa pojok sekolah  pun tampak beberapa siswa duduk berbincang akrab dengan guru-guru dengan santai dan mendiskusikan hal-hal yang menarik di sekolah.

 

Iklim sekolah  adalah kunci penting menghantarkan siswa-siswa pilihan untuk mengembangkan potensinya menjadi jauh semakin berprestasi dan raih kebahagiaan-kebahagiaan. Iklim sekolah di SMP Islam Al Azhar dibangun dengan keteladanan dari kepala sekolah maupun bapak ibu guru yang baik dan mengajarkan hal-hal kebaikan kepada para siswa di SMP ini. Tak semata-mata menguasai pemahaman materi saja, namun pembekalan dari ketrampilan praktis sehari-hari dalam kehidupan pun diberikan. Motivasi untuk beribadah lebih baik pun ditularkan, seperti berupaya untuk sholat tepat pada waktunya, bersikap santun maupun menjalankan amalan-amalan puasa sunnah, sebagai sarana untuk raih keberhasilan pula.

 

Keakraban antar pendidik dan antar siswa juga merupakan kunci penting dalam membangun iklim sekolah. SMP Islam Al Azhar meminimalkan jarak sosial antara guru dan murid, namun tetap mendapatkan rasa hormat dari murid-muridnya, karena para guru pun memang benar-benar sosok yang pantas untuk “Di Gugu dan Di Tiru”.

 

Kegiatan-kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler merupakan taman ilmu bagi siswa-siswa SMP Islam Al-Azhar 21 untuk semakin mengembangkan potensi diri menuju insan-insan yang lebih baik dan bermanfaat. Kegiatan pembelajaran di kelas diupayakan menyenangkan bagi siswa-siswa, sehingga menjadikan Belajar sebagai kegiatan yang “FUN” dan penuh tantangan. Presentasi di depan kelas dan percakapan dalam bahasa Asing (Arab maupun Inggris) dipraktekkan untuk menjadikan siswa tak hanya faham tatabahasa namun berani dan lebih percaya diri untuk mengucapkan. Materi-materi sains dan pengetahuan umum akan lebih baik juga dengan diperkaya dengan proyek-proyek siswa secara berkelompok sesuai bidang minat yang digemari siswa. Materi-materi agama juga ditekankan salah satunya untuk memperbaiki kemampuan siswa menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Hubungan antara guru kelas dengan orang tua wali murid pun terasa dekat, untuk jembatani komunikasi agar siswa dapat semakin nyaman dan betah dengan suasana sekolah. Keterbukaan komunikasi orang tua maupun para guru kelas memainkan kunci penting dalam proses pendidikan siswa, karena pendidikan siswa tak semata tanggung jawab guru di sekolah.

 

Kegiatan ekstrakurikuler adalah wadah media yang difasilitasi oleh SMP Islam Al-Azhar 21 untuk mendukung para siswa untuk mengembangkan bakat minatnya. Berbagai kegiatan ekstra kurikuler dari bidang olahraga (seperti futsal, renang, aikido dll, ); bidang seni dan musik (music etnik,seni fotografi dll), bidang ilmiah (seperti kelompok ilmiah remaja, English course) maupun kepemimpinan (Pramuka) dan juga bidang ketrampilan-ketrampilan yang lain.

 

Banyak, beragam berbagai sumber ilmu pengetahuan yang dapat dipetik di taman ilmu pengetahuan di SMP Islam Al-Azhar 21 ini, tinggal para siswa dan tentu saja dukungan para orang tua serta guru, kepala sekolah, seluruh staf sekolah maupun fihak yayasan yang akan membuat taman ilmu ini semakin tumbuh dan indah. Mendatangkan kesejukan dan menyenangkan hati siapapun yang menanam tanaman kebaikan di taman ini. Kini saatnya berGabung dan lakukan kerjasama agar Taman Ilmu ini pun juga dapatkan CintaNya. Amiin.