Dauroh Imam & Khotib Guru Karyawan SMA Islam Al Azhar 7 PDF Cetak Email
Ditulis oleh Muha   
Senin, 27 Maret 2017 14:33
AddThis Social Bookmark Button

alt

AL-AZHAR - Bidang Keagamaan SMA Islam Al-Azhar 7 Solo Baru mengadakan dauroh imam & khotib untuk Guru Karyawan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang terinspirasi oleh pendidikan mubaligh Al Azhar (PMA) yang sudah didirikan oleh Buya Hamka, pada tanggal 28 Oktober 1977. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lantai 2, Sabtu (25/3). Tujuan diadakannya dauroh & khotib ini untuk mempersiapkan Guru & Karyawan SMA Islam Al Azhar 7 agar siap untuk terjun langsung ke masyarakat ketika dibutuhkan.

Pembicara kali menghadirkan Al-Ustad Ade Hidayat dari pondok pesantren Al-Mukmin Ngruki. Beliau menjelaskan bagaimana menjadi imam & khotib yang benar. Mulai rukun-rukun imam & khotib. Salah satu yang disampaikan oleh beliau yaitu rukun-rukun dalam berkhutbah Sholat Jum'at :

1. Mengucapkan Salam

2. Mengucapkan Alhamdulillah serta Sholawat

3. Berwasiat kepada jamaah ubtuk selalu beriman & bertaqwa

4. Membaca ayat Al-Qur'an 

5. Berdoa untuk Mukminin dan Mukminat

Selain rukun berkhutbah, beliau juga menyampaikan bahwa rukun-rukun imam dalam Sholat Jum'at sebagai berikut :

1. Suci dari hadast

2. Berpakaian yang terbaik

3. Membaca Surat Al-A'la dan Al-Ghosiyah

Setelah materi ustad Ade Hidayat selesai, Guru & Karyawan langsung mempraktekkan berkhutbah yang benar. Pada sesi kedua menghadirkan pembicara dari Ma'had Isy Karima Ustad Alif Bahtiar Al-Hafidz.  Beliau memberikan materi tentang Komunikasi ala Rasulullah SAW. Semoga dengan kegiatan ini Guru & Karyawan SMA Islam Al Azhar 7 dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan pada saat terjun di masyarakat Barakallahufikm!