Kreativitas dan Inovasi Siswa SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru PDF Cetak Email
Ditulis oleh SMAI Al-Azhar 7   
Senin, 20 Maret 2017 08:59
AddThis Social Bookmark Button

altAL AZHAR - Jum'at, 17 Maret 2017, SMA Islam Al Azhar 7 mendapatkan kunjungan dari Bappeda Dinas Pendidikan Sukoharjo dalam rangka meninjau hasil karya yang kreatif dan inovatif dari siswa. SMA Islam Al Azhar sendiri menyiapkan ananda Ridho Nobellino Sabilillah dan ananda Naura Alfairuzy Quluby untuk mempresentasikan hasil karya kepada Bappeda Dinas Pendidikan Sukoharjo di Laboratorium IPA SMA. 

Ridho dan Naura telah berhasil membuat karya dalam bidang kerajinan dan industri rumah tangga, yaitu Animoki Trash. Animoki Trash adalah tempat sampah yang berkarakter dan anti bau.  Animoki diambil dari kata jepang yang berarti animasi yang lucu, sedangkan trash dari bahasa inggris yang berarti sampah. Untuk membuat Animoki Trash adalah menggunakan karbon aktif sebagai zat penyerap bau. Untuk cara pembuatannya cukup mudah.

Tumbuk karbon aktif hingga menjadi serbuk. Karena sesuai dengan sifat kimia yang semakin besar luas permukaan maka semakin cepat reaksinya. Gunting karton sesuai dengan ukuran tempat sampah bagian dalam, olesi karton yang sudah digunting dengan lem. Taburkan karbon aktif di karton yang sudah dilapisi lem tersebut. Tempelkan karton yang sudah ditaburkan karbon aktif ke dalam tempat sampah.  Karena pada dasarnya karbon aktif terbuat dari karbon yang memiliki pori-pori yang kompleks. Karbon aktif pun memiliki daya serap yang lebih tinggi. Karena sampah organik identik dengan sampah yang basah dan kalau didiamkan terlalu lama dapat menimbulkan bau busuk.

Perwakilan dari Bappeda Sukoharjo mengatakan " Hasil karya yang dipamerkan bisa dikembangkan lagi kedepannya". Diharapkan dengan adanya tempat sampah tersebut, dapat meminimalisir bau yang ditimbulkan akibat sampah. Selain itu, untuk mengubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan serta mengetahui dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk membuang sampah pada tempatnya. Karena tempat sampah ini fleksible bisa ditempatkan dimana pun tanpa khawatir menimbulkan bau. Maju terus siswa SMA Islam Al Azhar 7! Teruslah bekarya! Barakallahufikum!