Horeeee....Aku Lulus Iqro PDF Cetak Email
Ditulis oleh erlano putra   
Kamis, 26 Mei 2016 10:42
AddThis Social Bookmark Button

altAL-AZHAR - Dua murid TK B Al-Azhar 28 tengah bergembira. Pasalnya, kedunya telah berhasil lulus Iqro sehingga mendapat hadiah naik tandu dan dikirab keliling kompleks dari sekolah. Kedua murid yang tengah berbahagia tersebut adalah Bagas kelas B1 dan Rania kelas B2.

 


Kepala KB-TK Al-Azhar 28 Solo Baru (Soba) Reni Anggraeni menjelaskan, dalam kirab tersebut, semua murid KB-TK turut mengiringi dengan memukul rebana dan juga drum. "Sekama ini, KB-TK Al-Azhar Solo Baru selalu melakukan tradisi kirab naik tandu untuk siswa yang lulus Iqro," jelas Reni.

Menurutnya, kirab dengan naik tandu untuk murid merupakan hadiah dari sekolah dan sudah menjadi tradisi untuk memotivasi murid lainnya giat belajar Iqro. Dia menjelaskan, murid harus giat belajar membaca Iqro di rumah agar bisa cepat lulus. Pasalnya, jika hanya mengandalkan belajar di sekolah, murid tidak akan cepat lulus. Hal itu dikarenakan waktu belajar Iqro di sekolah sangat terbatas.

Untuk siswa TK, lanjut Reni, pembelajaran Iqro diberikan tiap hari. Mulai hari Senin-Kamis dengan lama belajar 30 menit. Untuk itu, orang tua harus mendampingi murid belajar di rumah. Dengan harapan, murid bisa segera lulus Iqro.

Selama ini, Reni mengaku tidak semua murid berhasil menyelesaikan Iqro saat lulus TK B. Biasanya, hanya beberapa murid yang berhasil lulus. Itupun, belajar Iqro harus juga dilakukan di rumah. "Dengan memberi hadiah kirab keliling sekolah, kami berharap akan memotivasi murid lain karena rata-rata murid ingin dikirab dengan naik tandu," paparnya.

Dalam kirab itu sendiri, sekolah juga mengundang orang tua murid untuk ikut menyaksikan kirab. Selama kirab, murid naik kursi yang di-"gothong" oleh dua orang. Sementara, murid lainnya mengiringi di belakangnya dengan memukul drum maupun rebana. Kirab dilakukan dengan mengelilingi kompleks sekolah Al-Azhar. Jadi, kirab juga dilakukan hingga kompleks SD, SMP, dan SMA. (*)

altalt