Awwalussanah SDI Sambut Tahun Ajaran Baru PDF Cetak Email
Ditulis oleh erlano putra   
Rabu, 31 Agustus 2016 11:11
AddThis Social Bookmark Button

altAL-AZHAR - Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Azhar 28 Solo Baru (Soba) menggelar awallussanah tahun ajaran baru. Sekolah mengundang orang tua kelas 1-5 untuk diberi penjelasan terkait kurikulum, kegiatan sekolah, dan juga program ektrakurikuler. Dengan kegiatan tersebut diharapkan ada sinkronisasi antara pembelajaran di sekolah dan di rumah.

 

Kepala SDI Al-Azhar 28 Soba Chasbi Fahri menjelaskan, sekolah sebagai lembaga atau institusi yang mengelola pendidikan formasil memiliki peran yang cukup strategis dalam merealisasikan tujuan pendidikan. Pasalnya, peran yang strategis pengelolaan pendidikan di sekolah sudah selayaknya direncanakan dengan sebaik mungkin.

 

"Perencanaan tersebut dapat terlaksana dengan adanya kerjasama sekolah dengan orang tua murid," ujarnya.

Dikatakan Fahri, SDI Al-Azhar 28 Soba di tahun ajaran 2016/2017 melaksanakan Kurikulum 2013 di semua kelas mulai kelas 1 hingga 6. Hal tersebut sebagau wujud pelaksanaan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sekolah juga berorientasi pada upaya membangun karakter yang bersumber pada nilai-nilai Islami dan budaya Indonesia. Hal tersebut dilaksanakan dengan budaya sekolah. Dengan budaya sekolah tersebut diharapkan anak tumbuh dengan karakter kuat dan baik. Sehingga, dapat mewujudkan pribadi anak didik yang cerdas dan memiliki kemampuan dalam bidang Imtaq dan Iptek, percaya diri, beriman dan taqwa serta berakhaqul karimah merupakan bagian yang penting sebagai tujuan sekolah yang akan dicapai.

Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan kerjasama yang sinergi antara "stake holder" yang ada, terutama pihak sekolah dengan orang tua. Komunikasi yang baik dan penanganan anak yang komprehensif serta berkesinambungan dari kedua pihak merupakan salah satu faktor yang penting untuk membantu anak dalam mengembangkan potensi alam yang dimiliki.

"Sekolah juga membagikan "Parent Handbook" sebagai media komunikasi antara sekolah dengan orang tua murid," tambahnya. (*)

altalt